Apa itu CMS dan Apa Fungsinya

Apa itu CMS – Dewasa ini, membangun website tidaklah sulit seperti dulu. Dahulu kala, minimal dibutuhkan keahlian penggunaan bahasa pemrograman HTML. Tetapi HTML saja tidak cukup. Setelah masa-masa HTML, digunakanlah bahasa pemrograman PHP untuk pembuatan web dinamis. Lalu bahasa pemrograman SQL yang digunakan pada database untuk penyimpanan data halaman web tersebut. Ketiga bahasa pemrograman tersebut menjadi standar yang harus dimiliki oleh para pemrogram website. Tetapi sekarang, kebutuhan tersebut tidaklah mutlak. Dengan adanya CMS, kita dimudahkan dalam pembangunan website.

Apa itu CMS

Website adalah sebuah tempat yang memungkinkan seseorang menyatakan dirinya, hobinya, pengetahuannya, produk yang dijualnya dan apapun juga yang dapat di akomodasikan oleh teks, tulisan, gambar, video, animasi dan file multimedia lainnya. Sedangkan untuk bisa membuat sebuah website yang bagus dan interaktif, seseorang perlu memahami dasar pemograman HTML, pemrogaman server side dan database yang berguna untuk menyimpan data.

Setelah memahami sedikit pengertian dari website, tentunya untuk bisa membedakan antara website, webpage dan blog akan lebih mudah dipahami. Ini merupakan Web CMS yang baru digunakan sesuai fungsi utamanya

Apa itu CMS ?

Content Management System (CMS) atau Sistem Manajemen Konten adalah sebuah perangkat lunak sistem komputer yang memungkinkan penerbitan, pengeditan, dan modifikasi konten serta pemeliharaan situs dari suatu halaman pusat. CMS menyediakan koleksi prosedur yang digunakan untuk mengatur dan mengelola alur kerja dalam suatu lingkungan yang kolaboratif. Prosedur-prosedur tersebut bisa saja manual, atau pun yang berbasis komputer.

1. Fitur Utama / Fitur Wajib pada CMS

  • Memungkinkan sejumlah besar orang untuk berbagi dan berkontribusi pada data yang tersimpan.
  • Mengontrol akses data berdasarkan peran user-nya.
  • Memfasilitasi penyimpanan dan pengambilan data.
  • Mengontrol kebenaran dan kesesuaian data.
  • Mengurangi duplikasi input.
  • Menyederhanakan pembuatan dan penulisan laporan.
  • Meningkatkan komunikasi di antara penggunanya.
  • Mampu mengenali semua jenis data, seperti dokumen, gambar, video, teks, nomor telepon, dan lain-lain.

2. Apa itu CMS, Fungsi dan Kegunaan CMS

CMS biasa dikategorikan ke dalam 2 jenis, yaitu:

  • Enterprise CMS (ECM), adalah suatu perangkat lunak CMS yang biasa digunakan dalam suatu perusahaan, yang mampu membantu kinerja dan produksi perusahaan, dan lain-lain.
  • Web CMS, adalah suatu paket aplikasi atau pun aplikasi stand-alone yang digunakan untuk membuat, mengelola, menyimpan, dan menyebarkan konten pada suatu halaman Web.

Keuntungan Menggunakan CMS untuk Website

Salah satu nya keuntungan CMS yang paling penting adalah sebagai investasi digital untuk dukungan kemajuan bisnis atau usaha anda. Dengan menggunakan CMS maka website anda akan mudah untuk dilakukan maintenance bahkan mudah untuk customisasi jika usaha anda dikembangkan melalui pemasaran online.

CMS akan mempermudah dan dapat memaksimalkan tampilan konten anda sehingga akan memberikan daya tarik tersendiri pagi para pembeli saat ingin membeli barang yang dibutuhkan.

Dengan CMS yang tepat, misalnya menggunakan WordPress maka banyak dukungan platform (plugin SEO) untuk mengoptimalkan konten SEO konten Website anda. Sehingga akan mempermudah memunculkan konten anda pada peringkat atas di mesin pencarian internet. Dengan ini konten anda akan mempermudah untuk banyak pengunjung yang datang dengan otomatis akan meningkatkan transaksi.

Kesimpulan

CMS Content Management System atau sistem managemen konten adalah pilihan paling tepat untuk mengembangkan website. Saat ini WordPress adalah CMS yang saat ini sangat populer dan banyak digunakan yang bisa Anda manfaatkan. Kepopuleran CMS WordPress karena penggunaan yang sangat mudah dan banyak dukungan plugin seperti plugin SEO, Security, dan performa sehingga sangat baik bagi managemen konten anda.

Tag: