Soal Adsense, Blogging dan Bagaimana Cara Bermainya

Blogging dan Bagaimana Cara Bermainya – Tahun 2011, Saat saya mulai bermain blog atau Blogging, tujuan nya simpel, hanya titip nyimpen materi kerjaan yang bisa saya tayangkan di internet dengan kemasan yang sangat menarik. Selain dengan tampilan menarik juga menyajikan playlist lagu-lagu yang sedang hits jaman itu.

Belum tau apa itu SEO (Search Engine Optimization). Apalagi dengan sengaja menerapkannya.

Akan tetapi faktanya, saya tetep dapet trafik, walaupun tidak serame portal website berita yang kadang isinya gak bermutu itu..haha.

Kok bisa gitu ya? Entahlah.

Mungkin kala itu algoritma Google belum se kompleks saat ini, dan juga para blogger belum sebanyak sekarang yang notabene jadi pokok penghasilan sebagai Publisher Ads.

Jadi blog buatan saya waktu itu tanpa menerapkan SEO pun masih sanggup ‘stand out among the crowd’.

Namun lain cerita saat ini. Saat ini membangun website untuk tujuan monetize memiliki kompetisi yang sangat luar biasa karena Bisnis PPC, Afilliate, Moneysite atau E-Commerse sudah sangat merebak.

Singkat cerita 2017 saya tertarik lagi untuk membuat blog dengan tujuan sebagai penghasikan tambahan. Mulai membeli hosting, domain dan mengisi blog dengan niche otomotif kala itu. Boom… Ada visitor  dan banyak yang page one. Tetapi karena blog bahasa indonesia dan target lokal alhasil CPC (Cost Per Click) kecil hingga pendapatan minim. (gak jadi Boom kan akhirnya..hehe). Pusing dengan keadaan seperti ini akhirnya punya ide..

Blogging

Membuat Konten Target Luar

Setelah mengalami penderitaan yang cukup panjang karena medapatkan hasil yang minim, akhirnya saya berusaha untuk membuat konten bule dengan target US-Canada-Eropah, pokoknye Amerika-Eropa lah yang nilai Duitnya Gede..hehe. Malang tetap menjadi milik. Blog bule yang saya bangun sangat minim mendapatkan visitor. Alhasil Klik pun tiada dapat.

Memang tidak semudah itu Fergusoooo…. Akhirnya pengalaman demi pengalaman, saya mempelajari dengan seksama ternyata untuk membuat blog yang bagus dan menarik perhatian pengunjung ialah selalu mengikuti perkembangan Trend, SEO dan keyword yang tertarget. Setelah setahun berjalan akhirnya tepat di tahun 2018 saya angkat bendera putih didunia per ngeblog an.

Tapi…setelah memiliki Isteri dan anak 1 kebutuhan ekonomi meningkat. Gaji hasil Kantoran pun mulai goyah gaes…. bahkan untuk membantu orang tua dikampung sangat sulit.  (aku anak perantauan Gaesss…)

Dengan tekat bulat dan niat yang menggebu-gebu 2019 akhirnya saya setuju bahwa SEO itu ilmu mutlak yg harus dikuasai dan harus diterapkan dari awal kita mulai membuat blog.

Akhirnya saat itu tahun 2019 saya bertekat membuat blog lagi, sekaligus menyatakan diri saya sebagai Blogger Profesional (Supaya selalu ingat dan konsisten membuat konten yang menarik dan memiliki keyword tertarget sesuai perkembangan SEO).

Selama 2 bulan saya membuat konten dan selalu update (tak rewangi begadang sampe malem geess) mulailah memberanikan diri untuk mendaftar Google Adsense. Selama 3 hari di review alhamdulillah langsung di terima.

Sesuai dari tujuannya, SEO sejatinya Optimasi sebuah tulisan yang memiliki suatu keyword yang akan di cari pemburu internet di pencarian mesin pencari contohnya Google, Bing, Baidu, Yandex, dan masih banyak lagi yang lainya.

Lalu konsekwensi nya, muncullah istilah2 teknis dalam bidang SEO yang kita kenal hingga saat ini. Walaupun bagi yang awam terdengar begitu rumit, ‘njlimet dan apa sih itu… Kadang membingungkan.

Mungkin tepatnya jadi bikin males dan enggan untuk berkecipung dibidang ini.

Ya, pasti klo mikirnya gitu, sudahlah Tamat.

Blogging dan Bagaimana Cara Bermainya

Hari demi hari berlalu, selalu update membuat konten secara rutin, eh jangan salah ini saya kerjakan selepas pulang kerja, ketemu anak istri ngobrol ceria sebentar, nah kira-kira jam 10 PM baru mulai lho gaes,,, Jangan salah setiap hari ini saya lakukan selama setahun lebih hampir sering sampai jam 3 pagi. Untuk menjalankan Blog yang saya buat sesehat mungkin, saya selalu menerapkan metode ini gaes..lihat di bawah

  1. Riset Keyword
  2. Produksi Konten yang baik
  3. Optimasi konten nya
  4. Evaluasi dan update
  5. Balik lagi ke nomor 1
  6. note: saya tidak pernah promosi lho…pokoke main Organik andelin SEO, Ngerti gak maksudnya main Organik,, Googling aja yo

Memang praktek nya gak semudah itu meeeeen..

Ada sekumpulan proses yang harus lalui dan dimengerti di tiap poin diatas. Namun percayalah, kita akan sangat terbiasa saat mulai praktek.

Ingat. Praktek! dan percayalah Usaha tidak akan menghianati hasil (Jika kamu serius ya..) ingat jika kamu serius.

Akhir cerita sementara 2019 saya buat blog di tahun berikutnya 2020 saya mulai rutin gajian gaes…goockil gak…dimana saat itu lagi pandemi yang pasti nyari duit susah aku tiap bulan dibayar simbah google gaes..dan itu sampai sekarang. Alhamdulillah

Sementara ini dulu ya gaes ceritanya. next akan saya bikin cerita seru lagi yang pasti supaya menginspirasi kalian.

Selamat menjalankan ibadah puasa temen2 semua. Sehat dan Sukses selalu.. 🙂

Note: Mengapa di blog ini berisi tulisan gado-gado yang kurang bermutu?, sejatinya hanya untuk mengamankan nama domain dan untuk me review tulisan yang saya buat menggunakan tools plugin yoast SEO yang ada didalam dashboard WordPress ini untuk saya posting didomain yang lainya. Awalnya iseng juga beli domain ini untuk persiapan buat CV saya, namun sayang masih enggan untuk melamar2 kerjaan lagi. jadi ya gini deh…